Muhammadiyyah Menetapkan Awal Puasa Ramadhan 28 Juni 2014

2
Muhammadiyyah Menetapkan Awal Puasa Ramadhan 28 Juni 2014
Din Syamsudin
Okazone Religi - Sebentar lagi kita akan memasuki gerbang Ramadhan. Beberapa tim rukyat dan hisab sudah mulai memantau arah posisi serta wujud Hilal. Tak terkecuali Muhammadiyyah, sebuah Organisasi Islam besar di Indonesia yang selalu berantusias di tiap menjelang penetapan 1 Ramadhan dan 1 Syawwal.

Muhammadiyyah telah melakukan hisab dan rukyat untuk menetapkan 1 Ramadhan 1435H yang jatuh pada tanggal 27 Juni 2014 petang. Yang mana pada tanggal itu, Hilal diprediksi sudah terlihat meski baru setengah derajat saja.

"Menurut metode Muhammadiyyah, setengah derajat pun sudah masuk bulan baru. (Ibaratnya) kalau kepala sudah memasuki garis finish saja kan sudah dihitung sudah finish." Kata Agus Suradika ketua Muhammadiyyah DKI Jakarta seperti yang dilansir oleh Liputan 6, kamis (1/5)

Sesuai kalender Islam, hari sudah dimulai ketika maghrib. Maka kemungkinan Muhammadiyyah akan menjalankan ibadah sholat terawih pada tanggal 27 Juni 2014, sedangkan untuk puasa pertama di mulai tanggal 28 Juni 2014.

"Kalau nanti tanggal 27 Juni Hilal tak terlihat dengan kasat mata atau mata telanjang bulan pasti tidak terlihat. Itu berarti melalui metode rukyat, 1 Ramadhan oleh pemerintah jatuh pada 29 Juni 2014. Berarti terawihnya tanggal 28 malam, bukan malam 28." ujar Agus